SURVEI EKSTERNAL

Berdasarkan survey kepuasan pengguna layanan UNS, 89% pengguna menyatakan bahwa unsur layanan konsumen tersedia dalam proses pelayanan yang diberikan UNS. Unsur layanan tersebut adalah:

  • Ketersediaan informasi tentang alur layanan,
  • Informasi tentang persyaratan layanan,
  • Informasi biaya layanan,
  • Informasi tentang waktu layanan,
  • Informasi tentang jangka waktu penyelesaian layanan, respon petugas/ kinerja aplikasi sistem unit layanan,
  • Karakteristik petugas yang melayani, sikap petugas saat melayani, fasilitas, media pengaduan.

Dari seluruh unsur layanan, skor terendah terdapat pada respon petugas dan ketersediaan media pengaduan. Skor tertinggi diberikan responden pada sikap petugas saat melayani, diikuti ketersediaan informasi tentang persyaratan dan waktu layanan.

Berdasarkan respon yang diberikan, responden mempersepsikan tidak ada kecenderungan perilaku korupsi dalam pelayanan yang diberikan oleh UNS. Angka skor tertinggi diberikan kepada tidak adanya praktek pemberian uang, pungli ataupun praktek percaloan. Skor terendah diberikan pada item pertanyaan terkait diskriminasi layanan (87%) mempersepsikan ada diskriminasi layanan).

Secara umum, 90% responden mempersepsikan bahwa tidak ada kecenderungan perilaku koruptif.

Survey dilaksanakan pada bulan Oktober – Januari 2019 yang melibatkan stakeholder internal dan eksternal UNS.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*